Wednesday, March 11, 2009

Apa gunanya 'Impedance' yang tertulis di box speaker?

Tahukah kamu gunanya 'Impedance' yang tertulis di box earphone, headphone, ataupun speaker?

Menurut wikipedia, impedansi adalah ukuran resistansi pada sumber arus bolak-balik (AC). Jadi secara sederhana impedansi adalah resistansi yang lebih kompleks dan akurat pada arus AC.

Di box earphone sennheiser saya tertulis
Impedance 16 Ω

Sedangkan di speaker subwoofer milik saya tertulis
Impedance 4 Ω


Mari kita lihat apa efeknya pada suara.

______________________________

  • Impedansi berhubungan dengan arus. Semakin besar impedansi maka akan semakin kecil arus yang bisa lewat, dan sebaliknya
  • Seberapa besar arus yang bisa mengalir ternyata mempengaruhi daya maksimal yang bisa dikeluarkan oleh suatu rangkaian.
  • Nahh~ daya maksimal yang bisa dikeluarkan ini ternyata ada hubungannya dengan volume kekuatan suara maksimal yang bisa dikeluarkan (dalam hal ini untuk speaker)

oke, mari kita lihat secara teoritis

Dengan menggunakan sumber DC, maka dapat digunakan hukum Ohm yang cukup sederhana.



Tapi tunggu dulu...

Teori tersebut ada benarnya, tetapi ada hal yang diabaikan disini, yaitu hambatan dalam dari sebuah amplifier.

Circuit Theory - Maximum Power Transfer

Menurut Teori Transfer Daya Maksimum, ketika kita ingin mentransfer daya dari sebuah sumber rangkaian ke rangkaian lain, maka daya maksmimal akan dicapai ketika hambatan dalam dari sumber tersebut sama dengan hambatan pada rangkaian yang dituju.


Daya maks dicapai ketika
RS = RL

Jadi ini mengartikan bahwa bila Impedansi semakin kecil, maka belum tentu kekuatan suara maksimal yang dihasilkan semakin besar.

Nah sekarang, apa jadinya ketika saya membeli dua speaker yang memiliki impedansi yang berbeda kemudian saya rangkaikan? apa jadinya ketika saya rangkaikan paralel dan apa jadinya ketika saya rangkaikan secara seri?

Ternyata hal yang terjadi sesuai dengan hukum Ohm

Ketika Paralel :
1/Rtotal = 1/R1 + 1/R2 --> Rtotal semakin kecil
Ketika Seri :
Rtotal = R1 + R2 --> Rtotal semakin besar

Hal ini berarti mempengaruhi daya maksimal yang bisa dihasilkan

Secara praktikal...
Ketika saya memiliki MP3 player dengan impedansi 32 Ω, maka kekuatan suara maksimal dapat dikeluarkan ketika saya memakai earphone dengan impedansi yang sama.

Kesimpulannya...
Kekuatan efek suara memang dipengaruhi oleh seberapa arus yang bisa mengalir. Oleh karena itu semakin kecil hambatan pada amplifier maka semakin besar kekuatan suara yang bisa dihasilkan oleh amplifier tersebut.

Tetapi hal diatas tidak berlaku pada loudspeaker. Kekuatan suara tidak bisa semakin besar ketika impedansinya semakin kecil. Kekuatan suara maksimal dicapai ketika impedansi loudspeaker sama dengan impedansi amplifier

Tetapi yang benar adalah, kekuatan suara akan maksimal ketika impedansi loudspeaker sama dengan impedansi amplifiernya.

______________________________


Ini mengingatkan saya ketika dulu saya ingin membeli earphone. Sewaktu saya lihat spesifikasinya yang ditampilkan adalah range frekuensi, panjang kabel, impedansi, dan sound pressure level. Dulu saya tidak mengerti apa gunanya impedansi di earphone tersebut. Saya hanya mengira-ngira mungkin semakin kecil impedansi maka akan semakin baik kualitasnya. Ternyata tidak.

Semoga bermanfaat bagi kamu-kamu yang ingin membeli loudspeaker :D





Sumber :
Electric Power, http://en.wikipedia.org/wiki/Electric_power, 24 Februari 2009
Loudspeaker, http://en.wikipedia.org/wiki/Loudspeaker, 24 Februari 2009
Electrical Impedance, http://en.wikipedia.org/wiki/Electrical_impedance, 24 Februari 2009
Audio Power, http://en.wikipedia.org/wiki/Audio_power, 24 Februari 2009
Maximum Power Transfer, http://en.wikibooks.org/wiki/Circuit_Theory/Maximum_Power_Transfer, 24 Februari 2009

7 comments:

  1. Jadi kalo untuk memilih earphone lebih bagus yg mana semisal saya punya 2 opsi senheiser :
    A. 18 - 22.000Hz, 32ohm, 122dB (mx-375)
    B. 18 - 20.000Hz, 16ohm, 119dB (mx-470)

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl ndengerin pake smartphone tanpa dedicated Earphone amplifier pilih yg 16 ohm

      Delete
  2. Gan, saya punya amplifier 7.1 dengan impendansi 8 ohm. Jadi, dari keterangan di atas saya dapat simpulkan bahwa untuk menmdapatkan suara maksimal saya perlu loudspeaker yang 8 ohm juga, Apa akibatnya kalo loudspeaker saya i-nya 6 ohm? suara lebih keras, sama, atau lebih kecil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. ampli bisa rusak bila tidak mendukung 6 ohm
      2. keras tidak bergantung pada spek sensitifitas speaker, db/watt nya, bila speaker 6 ohm punya db/watt yg sama dgn speaker 8 ohm dipastikan suara lebih keras yg 6 ohm

      Delete
  3. 1. Apa yang akan terjadi jika impedansi PA lebih besar daripada impedansi speaker subwoofer? Apakah PA akan menerima beban yang berlebih dan akhirnya rusak??

    2. Apabila speaker subwoofer ber-impedansi 8 ohm di turunkan menjadi 4 ohm dengan cara merangkai paralel 2 speaker subwoofer SVC apakah suara yanv dihasilkan akan menjadi maksimal dengan analogi semakin kecil impedansi speaker maka akan semakin besar arus (watt) yang mengalir melalui speaker?


    Terimakasih sebelumnya, dan mohon maaf pertanyaannya belibet. Orang awam

    ReplyDelete
  4. Pendapat tentang earphone yang spesifikasi nya : 18-24.000Hz,32ohm,120db bagaimana gan pendapatnya mantep atau tidak??

    ReplyDelete
  5. *500W peak power output
    *Output impedance: 4 Ohm.
    *Power Supply : DC 12V

    Jika Speaker aktiv punya spek seperti di atas apa Artinya Min. Mohon pencerahan... maaf pemula.

    ReplyDelete