Tuesday, February 17, 2009

Efek Warna

Tahukah anda kalau warna punya efek ke suasana hati?

Peneliti di Amerika Serikat telah membuktikan beberapa teori tentang efek warna ke suasana hati. Hasil penelitian tersebut diangap cukup akurat.

Berikut adalah cuplikan dari Infoplease.com

____________________________

Color Psychology

Black
Hitam adalah warna kekuasaan dan kekuatan. Hal ini populer dalam fashion karena membuat orang tampil kurus dan juga cukup bergaya . Dalam fashion, hitam tidak terikat oleh trend. Hitam juga menunjukkan ketundukan.Beberapa ahli fashion mengatakan seorang perempuan yang memakai hitam mengartikan bahwa ia tunduk pada laki-laki. Pakaian berwarna hitam dapat membuat pemakainya merasa memiliki kekuatan, ataupun terlihat jahat.

White
Pengantin memakai pakaian putih untuk melambangkan kemurnian dan kesucian. Putih merefleksikan cahaya dan dianggap sebagai warna musim panas. Putih sangat populer dalam dekorasi dan mode karena cerah, netral, dan cocok dengan apapun. Namun, putih sangat kontras dengan kotoran dan karena itu lebih sulit untuk tetap bersih dari warna lain. Dokter dan perawat untuk mengenakan pakaian putih menyiratkan kesterilan.

Red
Warna yang paling emosional. Merah merangsang denyut jantung dan pernafasan lebih cepat. Warna merah juga melambangka cinta. Pakaian merah akan mencolok perhatian dan membuat pemakainya tampak lebih berbobot. Karena merah adalah warna ekstrim, pakaian merah mungkin tidak membantu orang dalam negosiasi atau konfrontasi. Mobil merah adalah target paling populer untuk pencuri. Dalam dekorasi, merah biasanya digunakan sebagai aksen. Ahli dekorasi mengatakan bahwa furnitur berwarna merah harus sempurna karena warna merah itu akan selalu menarik perhatian. 

Pink, warna yang paling romantis, lebih menenangkan daripada warna merah. Dalam olahraga football terkadang warna kamar loker tim lawan kamar dicat pink terang sehingga mereka akan kehilangan energi. .

Blue
Biru, warna langit dan laut, adalah salah salah satu warna yang paling populer. Biru menyebabkan reaksi berlawanan dengan merah. Damai dan tenang, biru akan menyebabkan tubuh menghasilkan zat penenang, sehingga sering digunakan dalam kamar tidur. Biru juga bisa membuat merasa dingin dan tertekan. Konsultan fashion menyarankan memakai biru untuk wawancara pekerjaan karena melambangkan kesetiaan. Orang-orang lebih produktif di ruangan dengan cat biru. Studi menunjukkan pengangkat beban dapat menangani beban lebih berat dalam gym yang dicat biru. 

Green
Hijau, yang paling populer dalam dekorasi warna saat ini, melambangkan alam. Hijau adalah warna paling mudah untuk dilihat leh mata dan dapat meningkatkan pengelihatan. Hijau adalah warna yang menenangkan dan menyegarkan. Orang-orang yang menunggu giliran tampil di televisi duduk di "ruang hijau" untuk bersantai. Rumah sakit sering menggunakan warna hijau karena menenangkan pasien. Pengantin di abad pertengahan memakai hijau untuk melambangkan kesuburan. Hijau gelap melambangkan maskulin, konservatif, dan menunjukkan kekayaan.
 
Yellow
Kuning cerah yang riang merupakan penarik perhatian. Meskipun dianggap sebagai warna yang optimis, orang-orang lebih sering kehilangan kesabarannya di ruangan berwarna kuning, dan bayi menangis lebih sering. Kuning adalah warna yang paling sulit untuk dilihat oleh mata, sehingga dapat menjadi terlalu kuat jika dipakai berlebihan. Kuning meningkatkan konsentrasi, maka sering digunakan untuk rambu-rambu. Kuning juga mempercepat metabolisme.

Purple
Ungu, warna kesetiaan, menunjukkan kemewahan, kekayaan dan keanggunan. Ungu juga feminine dan romantis. Namun, karena jarang terjadi di alam, ungu lebih sering muncul berupa buatan.

Brown
Solid, coklat tanah adalah warna bumi dan berlimpah di alam. Coklat muda mengandung arti keaslian, sedangkan coklat tua sama dengan kayu atau kulit. Coklat juga bisa diartikan sebagai sedih dan murung. Laki-laki lebih tepat untuk mengatakan coklat adalah salah satu warna favorit mereka.

by David Johnson
diterjemahkan sebisanya oleh saya.
____________________________

yup, begitulah kira2...




No comments:

Post a Comment